Akirnya Ada KABAR BAIK dari Pejabat Kemendikbudristek soal PPPK 2022, Kini Tendik Honorer Bisa Bernapas Lega
CopyAMP code

Akirnya Ada KABAR BAIK dari Pejabat Kemendikbudristek soal PPPK 2022, Kini Tendik Honorer Bisa Bernapas Lega

Jumat, 15 Oktober 2021


Gurubisa.com - Tenaga kependidikan (tendik) honorer yang menunggu kesempatan ikut tes PPPK, bisa sedikit bernapas lega. Pasalnya Kemendikbudristek sudah mengusulkan formasi PPPK untuk tendik pada seleksi ASN 2022. 


Sekretaris Ditjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani menjelaskan untuk seleksi PPPK 2021 dan 2022, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tidak menyiapkan formasi untuk tendik. 


Sehingga untuk tahun ini Kemendikbudristek belum bisa mengajukan formasi tendik di PPPK 2021 karena memprioritaskan guru. 


Namun, untuk tahun depan Kemendikbudristek berupaya agar ada formasi PPPK bagi tendik honorer. 


"Kami sudah mengajukan usulan formasi PPPK 2022 untuk tendik. Mudah-mudahan usulan kami dikabulkan KemenPAN-RB," ujarnya di Jakarta, Jumat (15/10). 


Upaya Kemendikbudristek ini sebagai tindak lanjut atas kesepakatan pemerintah dengan Panja Pengangkatan Guru Tenaga Kependidikan Honorer menjadi ASN (PGTKH ASN) Komisi X DPR RI. 


Salah satu rekomendasinya adalah mengupayakan guru dan tendik honorer menjadi ASN baik PNS maupun PPPK. 


MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dalam rapat dengan Komite I DPD RI pada 4 Oktober 2021 menyampaikan rekrutmen PPPK 2022 akan mengakomodir tenaga teknis administrasi termasuk tendik.


Bahkan untuk honorer K2 akan diberikan kebijakan khusus agar bisa mengikuti tes PPPK 2022. 


Dia juga menegaskan untuk 2022, pemerintah fokus pada rekrutmen PPPK. Sedangkan seleksi CPNS ditiadakan.  


MenPAN-RB juga menyebutkan formasi PPPK guru yang belum diajukan tahun ini sekitar 500 ribu akan diplotkan tahun depan. (esy/jpnn)


Sumber : https://www.jpnn.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.