Sebelum Mengikuti Tes Kompetensi PPPK Tahap I, Guru Honorer DIMINTA Lakukan Ini, Pahami Baik-baik!
CopyAMP code

Sebelum Mengikuti Tes Kompetensi PPPK Tahap I, Guru Honorer DIMINTA Lakukan Ini, Pahami Baik-baik!

Sabtu, 04 September 2021


Gurubisa.com - Sebelum melaksanakan tes seleksi kompetensi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru yang akan dihelat dalam waktu dekat, ketahui dulu materi soal yang harus dipelajari serta dipahami. 


Seleksi kompetensi PPPK Guru akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)-UNBK yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. 


Berbeda dengan tes seleksi kompetensi bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang menggunakan CAT Badan Kepegawaian Negara (BKN). Baca juga: 


"Materi seleksi kompetensi PPPK terdiri dari kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan wawancara," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Katmoko Ari Sambodo secara virtual, dikutip Sabtu (4/9/2021). 


Perlu diketahui, bagi para peserta PPPK Guru, lanjut Ari, kompetensi teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. 


Sedangkan kompetensi manajerial nantinya yang dinilai adalah penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang terkait dengan integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, dan pengambilan keputusan. 


Sementara kompetensi sosial kultural dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku terkait dengan kepekaan terhadap perbedaan budaya, kemampuan berhubungan sosial, kepekaan terhadap konflik, dan empati. 


Selanjutnya, wawancara ditujukan untuk menilai integritas dan moralitas. 


Perlu diingat, peserta PPPK Guru harus memenuhi nilai minimal 130 untuk seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural, serta 24 untuk wawancara. 


Terkecuali bagi seleksi PPPK Guru pada pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat tidak diterapkan nilai ambang batas tersebut. 


Adapun total jumlah soal dalam seleksi kompetensi PPPK Guru adalah 155 soal, dengan rincian 100 soal kompetensi teknis, 25 soal kompetensi manajerial, 20 soal kompetensi sosial kultural, dan 10 soal untuk wawancara berbasis komputer.


Sumber : kompas.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.