KABAR Terbaru dari Kemendikbud Soal Kepastian Pencairan BSU Senilai Rp1,8 juta untuk Guru Honorer dan Non PNS, SIMAK
CopyAMP code

KABAR Terbaru dari Kemendikbud Soal Kepastian Pencairan BSU Senilai Rp1,8 juta untuk Guru Honorer dan Non PNS, SIMAK

Rabu, 15 September 2021


Gurubisa.com - Terkait pemberitaan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau kerap disebut subsidi gaji guru honorer yang dikatakan cair Rp1,8 juta pada bulan September 2021 adalah info yang tak tepat. Ini penjelasan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).


Pihak Kemendikbud-Ristek sendiri belum ada rencana untuk menjadwalkan bantuan BSU subsidi gaji guru honorer untuk turun pada September 2021 ini.


Meski, di portal media dan postingan Facebook telah tersiar kabar jika BSU subsidi gaji telah cair Rp1,8 juta untuk tiap guru honorer atau tenaga pendidik non-PNS pada September 2021 ini.


Postingan di Facebook soal BSU guru honorer tertulis sebagai berikut:


“Buruan Cek info.gtk.kemdikbud.go.id, BSU Guru Honorer dan Non PNS dari Kemendikbud Ristek yang Cair September, Cek Caranya DISINI”.


Sebelumnya, disebutkan pula informasi tak tepat jika pemerintah telah menganggarkan ada Rp3,7 triliun dengan target penyaluran kepada 2 juta guru honorer atau tenaga pendidik non-PNS di wilayah PPKM Level 4 dan 3.


Info BSU guru honorer dari Kemdikbud


Info terakhir, Kemendikbud atau Kemdikbud mengajak para guru honorer atau atau pengajar non-PNS untuk melakukan aktivasi rekening di web resmi info.gtk.kemdikbud.go.id terakhir pada 31 Juli 2021 yang lalu.


Aktivasi rekening itu menjadi satu syarat yang ditentukan Kemendikbud untuk mendapat bantuan BLT guru honorer senilai Rp1,8 juta per orang.


"Pendidik dan Tenaga Kependidikan non-PNS penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Tahun 2020 yang belum melakukan aktivasi rekening BSU atau mencairkan dananya, yuk, segera aktivasi rekening BSU Anda paling lambat 31 Juli 2021 di bank yang ditunjuk!" tulis @kemdikbud.ri di laman Instagram resminya yang diposting pada 10 Juli 2021 lalu.


Adapun cara aktivasi rekening untuk pembukaan pencairan BSU guru honorer adalah sebagai berikut:


1. Buka aplikasi atau browser info.gtk.kemdikbud.go.id.


2. Masukkan email dan password yang telah terdaftar.


3. Unduh dan cetak bukti penerima dan SPTJM kemudian tempel materai dan tandatangani.


4. Lalu, bawa syarat berupa KTP, NPWP, Bukti penerima (surat keputusan penerima BSU Guru Honorer), serta SPTJM yang sudah dimaterai serta ditandatangani ke bank penyalur.


5. Bank penyalur akan segera memeriksa kelengkapan dokumen, lalu BSU Upah Guru Honorer dapat disimpan di rekening tersebut atau langsung diambil secara tunai.


Meski begitu setelah aktivasi rekening, kapan pencairan BSU guru honorer Rp1,8 juta belum ada kejelasan dari Kemendikbud.


Pencairan bantuan BLT guru honorer atau non-PNS terakhir adalah pada 2020 lalu dengan nilai Rp1,8 juta yang disalurkan satu kali.


Pada saat itu, cara cek daftar penerima BSU guru honorer adalah melalui situs resmi info.gtk.kemdikbud.go.id.


Demikian kabar dari Kemendikbud soal pencairan BSU guru honorer senilai Rp1,8 juta yang dikabarkan cair pada September 2021.***


Sumber : pikiran-rakyat.com