INFO TERBARU Mendikbudristek - Komisi X : Tambahan AFIRMASI Guru Honorer Peserta Seleksi PPPK 2021 Berdasarkan Usia dan Lama Pengabdian
CopyAMP code

INFO TERBARU Mendikbudristek - Komisi X : Tambahan AFIRMASI Guru Honorer Peserta Seleksi PPPK 2021 Berdasarkan Usia dan Lama Pengabdian

Selasa, 28 September 2021


Gurubisa.com - Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas belum juga mengumumkan hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2021. Hasil tes yang semestinya diumumkan pada 24 September lalu itu, ditunda karena banyak keluhan mengenai proses seleksi. Lantas, sampai kapan pengumuman ditunda?


Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani menyebut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga belum bisa memberikan tanggal pasti. "Sedang dibahas dengan Panselnas," tuturnya lewat pesan singkat, Senin, 28 September 2021.


Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda berharap pengumuman tidak terlalu lama ditunda agar para guru honorer tidak kelamaan menunggu. "Semoga minggu ini atau paling lambat minggu depan," ujar Huda saat dihubungi terpisah.


Ia berharap, Mendikbudristek Nadiem Makarim bisa melobi Panselnas untuk mengakomodir usulan-usulan sesuai yang disepakati dalam rapat kerja Komisi X bersama Mendikbudristek pada 23 September lalu.


Kesepakatan itu di antaranya, Komisi X DPR RI mendesak Kemendikbudristek untuk memberikan afirmasi pada nilai kompetensi teknis dengan mempertimbangkan usia, lama pengabdian, afirmasi khusus bagi penyandang disabilitas, dan daerah tertentu (antara lain daerah 3T, daerah pascabencana, dan daerah konflik).


Selama jeda penundaaan, Kemendikbudristek juga diminta mengupayakan perbaikan materi kompetensi teknis yang dinilai terlalu memberatkan guru peserta seleksi. Komisi X meminta materi disesuaikan dengan kemampuan guru dan mempertimbangkan asas afirmasi.


"Setidaknya itu dua poin besar mandat Raker yang disepakati menjadi pegangan Mendikbudristek untuk melakukan lobi ke Panselnas," ujar Huda.


Mendikbudristek Nadiem Makarim sebelumnya berjanji bakal mengkaji ulang skema pemberian nilai afirmasi dalam proses seleksi PPPK Guru 2021.


"Kami mendengarkan berbagai aspirasi masyarakat yang memperjuangkan nilai afirmasi tambahan. Jadi itu bakal kami coba," kata Nadiem Makarim, 23 September lalu. "Walaupun itu bukan sepenuhnya keputusan Kemendikbudristek, akan kami perjuangkan, itu janji saya," tuturnya.


Sumber : tempo.co/


Demikian berita terkini seputar Seleksi PPPK Guru 2021 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.