SIMAK! Informasi Terbaru BKN Soal Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2021 dan PPPK yang DITUNDA
CopyAMP code

SIMAK! Informasi Terbaru BKN Soal Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2021 dan PPPK yang DITUNDA

Senin, 02 Agustus 2021


Gurubisa.com - Pengumuman seleksi administrasi CPNS 2021 dan PPPK sesuai jadwal yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dimulai hari ini.  


Namun, tidak semua instansi mengumumkannya. 


Menurut Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen, ada beberapa instansi yang meminta jadwal pengumuman dimundurkan karena belum selesai melakukan verifikasi dan validasi (verval).  


Alasannya karena PPKM darurat sehingga mereka sulit membagi tugas.  


"Ini Kemendikbudristek dan beberapa daerah meminta pengumuman seleksi administrasi diundur. Selebihnya konsisten dengan jadwal 2 sampai 3 Agustus pengumuman seleksi administrasi," kata Suharmen kepada JPNN.com, Senin (2/8). 


Dia mengimbau instansi lainnya yang  telah melakukan verval sudah bisa mengumumkan siapa saja pelamar CPNS 2021 dan PPPK yang lulus berkas.  


Kemudian, masing-masing pelamar diberikan waktu masa sanggah 4 sampai 6 Agustus.  


Setelah itu, jawaban sanggah 4 sampai 13 Agustus. 


Pengumuman masa sanggah 15 Agustus. 


"Khusus PPPK guru seluruhnya ditunda pengumuman hasil seleksi administrasi karena verval belum selesai dilakukan Kemendikbudristek," terang Surharmen. 


Walaupun sebagian instansi mundur jadwal pengumuman hasil seleksi administrasinya, Deputi Suharmen memastikan jadwal seleksi kompetensi dasar (SKD) tetap sesuai yang dijadwalkan.  


Untuk instansi yang jadwal seleksi administrasinya mundur, kata Suharmen, kemungkinan mundur, pelaksanaan SKD nanti ditempatkan di belakang. (esy/jpnn)


Ketua Forum Honorer K2 DKI Jakarta Nur Baitih mengaku tidak kaget bila pengumuman seleksi administrasi PPPK 2021 diundur. 


Pasalnya, sejak awal pengumuman pendaftaran PPPK 2021 hingga pengumuman hasil seleksi administrasi tidak ada yang sesuai jadwal. 


"Sudah biasa setiap pekerjaan tidak pernah selesai sesuai target. Kalau tidak diperpanjang, ya, diundur," kata Nur kepada JPNN.com, Senin (2/8). 


Penundaan pengumuman hasil seleksi administrasi PPPK guru, lanjut Nur, mengingatkan dia pada proses PPPK 2019. 


Pengangkatan PPPK 2019 dari honorer K2  ditunda hingga dua tahun. 


"Kalau sekarang ada pengunduran waktu, jadi enggak kaget," ucapnya. 


Dia menilai pemerintah selalu melakukan diskriminasi terhadap honorer K2, apalagi yang profesinya tidak ada formasi.  


"Tolong pemerintah jangan persulit lagi honorer K2 meningkatkan status menjadi ASN. Kami sudah belasan hingga puluhan tahun mengabdi. Berikan kami kemudahan menjadi PPPK," pungkas Nur Baitih.


Sumber : jpnn.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.