Info Penting BKN soal Penetapan Passing Grade CPNS 2021 dan PPPK, Simak
CopyAMP code

Info Penting BKN soal Penetapan Passing Grade CPNS 2021 dan PPPK, Simak

Selasa, 29 Juni 2021


Gurubisa.com - Informasi mengenai passing grade CPNS 2021 dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) ramai beredar di media sosial. Padahal, sampai saat ini pemerintah belum menyampaikan mengumumkan resmi. 


Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen mengungkapkan, passing grade CPNS 2021 dan PPPK baik guru maupun nonguru ditetapkan panitia seleksi nasional (Panselnas) calon aparatur sipil negara (CASN). 


"Nilai passing grade (PG) ditentukan setelah dilakukan sampel uji coba soal-soal CPNS kepada para peserta terpilih," kata Suharmen kepada JPNN.com, Selasa (29/6). 


Uji coba tersebut menurutnya bertujuan untuk melihat berapa nilai rata-rata dari peserta. Kemudian, hasilnya dibawa dalam rapat Panselnas untuk diputuskan berapa besaran nilai PG. 


Deputi Suharmen menambahkan, sampai saat ini PG CPNS dan PPPK guru maupun non guru belum ditetapkan Panselnas. 


Dia beralasan, penetapan harus dilakukan sampling uji coba soal-soalnya dilakukan terhadap peserta yang lulus CPNS 2020. Dari situ baru bisa dihitung berapa besaran PG. 


"Apakah sama, lebih besar atau lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya. Jadi passing grade-nya baru," ucapnya. 


Nantinya, kata Suharmen, semua akan menggunakan PG baik CPNS, PPPK guru, dan PPPK nonguru. Termasuk peserta tes CPNS jalur sekolah kedinasan.


Lantas kapan passing grade CPNS 2021 dan PPPK 2021 ditetapkan? Suharmen mengatakan sebelum seleksi kompetensi dasar (SKD) dimulai, PG harus sudah ditentukan. 


Sebab, masyarakat harus tahu informasi besaran passing grade CPNS 2021 dan PPPK. 


"Kemungkinan uji coba akan dilakukan Juli. Jadi ancar-ancarnya penetapan passing grade-nya Juli juga," ucapnya. 


Deputi Suharmen mengimbau masyarakat tidak percaya dengan informasi besaran passing grade CPNS dan PPPK 2021 yang beredar di media sosial. Lantaran Panselnas belum menetapkannya. "Sabar saja. Hadapi dulu pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK 2021," tandasnya. (esy/jpnn)


Sumber : jpnn.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.