Cara Membuka Info GTK Kemendikbud yang Terbaru, Mudah dan Cepat, Cek Data Terupdate Anda Disini
CopyAMP code

Cara Membuka Info GTK Kemendikbud yang Terbaru, Mudah dan Cepat, Cek Data Terupdate Anda Disini

Selasa, 29 Juni 2021


Gurubisa.com - GTK alias Guru dan Tenaga Kependidikan merupakan unsur penggerak utama dalam sistem pendidikan di Indonesia yang berada di bawah pengawasan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Berdasarkan UU Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang dimaksud dengan guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.


Jika kamu seorang guru dan sedang mencari informasi mengenai cara membuka info GTK dengan mudah dan cepat? Yuk simak ulasan berikut ini.


Lantas, apa yang dimaksud dengan info GTK?


Info GTK merupakan data individu guru dan tenaga kependidikan yang sudah dimasukkan dalam Dapodik. Guru dan tenaga pendidikan yang sudah mendapat sertifikasi, tentu akan mendapatkan kompensasi tambahan berupa tunjangan profesi. Nah, tunjangan profesi bisa dicairkan jika sudah valid. Sebaliknya, jika belum valid, maka tunjangan profesi belum bisa dicairkan. 


Adapun beberapa fungsinya adalah sebagai berikut.


1. Memantau validitas data


Seperti pembahasan sebelumnya, validitas data sangat berpengaruh pada tunjangan profesi setiap guru. Tunjangan profesi guru bisa kamu dapatkan melalui SKTP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi) yang nantinya akan tertera. Apabila belum valid, segera hubungi operator.


2. Mengunduh kebijakan terkait GTK


Sebagai tempat untuk mengunduh berbagai regulasi/kebijakan terkait GTK, misalnya edaran Ditjen GTK, Peraturan Pemerintah, UU Guru dan Dosen, dan sebagainya.


3. Memantau hasil data Dapodik


Bagi kamu yang ingin memantau data yang dimasukkan dalam Dapodik, silakan buka info GTK. Jika masih ada kekeliruan, kamu bisa menghubungi operator untuk memperbaiki data tersebut.


Cara Buka Info GTK


Untuk membuka Info GTK gunakan account PTK yang sudah diverifikasi :


1. Pastikan menggunakan email yang aktif.


2. Tidak diperkenankan menggunakan email orang lain.


3. Pengaturan ulang akun dapat melalui Manajemen Dapodik.


Berikut Ini Cara Membuka Info GTK


1. Melalui laman Info GTK


Jika kamu akan mengecek melalui laman info gtk kemendikbud, kamu harus memasukkan username dan password dari akun PTK masing-masing. Lalu, tekan captcha dan login. Sekadar informasi, biasanya akun PTK dibuat oleh operator melalui Dapodik menggunakan alamat email pribadi milikmu. Jika kamu lupa username atau passwordnya, silakan menghubungi operator Dapodik karena semua sudah ada di Dapodik.


2. Melalui SIM PKB


Kamu bisa melakukan pengecekan melalui SIM PKB. Sebelum membuat SIM PKB, kamu harus melakukan registrasi akun GTK. Setelah registrasi, barulah bisa membuka SIM PKB.  


3. Melalui laman datadik


Laman datadik ini hanya bisa dibuka oleh operator sekolah. Jika kamu kesulitan dengan dua cara sebelumnya, mungkin bisa mencoba cara ketiga ini. Kamu bisa menemui operator untuk pengecekan. Operator bisa dengan mudah mengecek info GTK setiap guru.


Mengapa Info GTK Tidak Bisa Ditemukan?


Permasalahan umum yang biasa dialami oleh para guru saat akan pengecekan adalah “username dan password” salah atau data tidak ditemukan. Akibatnya, Bapak/Ibu tidak bisa membukanya. Kira-kira, mengapa hal ini terjadi?


1. Terjadi perubahan password akun PTK di Dapodik


Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menanyakan pada operator yang bersangkutan. Perubahan password semacam ini harus membuat kamu menunggu beberapa hari sebelum data masuk ke server. Artinya, sesaat setelah terjadi perubahan password, data belum bisa langsung terupdate.


2. Data sinkronisasi belum terkirim atau ter-update


Data Dapodik yang berhasil disinkronkan oleh operator akan dikirim ke server Dapodik pusat, lalu dari Dapodik pusat dikirim ke server. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama, misalnya 7 hari kerja.


Demikianlah ulasan singkat mengenai cara membuka info GTK Kemendikbud terbaru 2021, semoga bermanfaat!


Sumber : https://kumparan.com