Update Nama Guru Yang Mengikuti Proses Seleksi PPPK di Laman Info GTK Aplikasi Dapodik 2021, Anda Termasuk? Cek Sekarang!
CopyAMP code

Update Nama Guru Yang Mengikuti Proses Seleksi PPPK di Laman Info GTK Aplikasi Dapodik 2021, Anda Termasuk? Cek Sekarang!

Senin, 17 Mei 2021


Gurubisa.com - Seleksi PPPK 2021 memberlakukan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi para guru bila ingin mendaftar sebagai peserta seleksi PPPK. Berikut cara cek nama guru yang bisa mengikuti proses seleksi PPPK 2021 di Laman Info GTK Aplikasi Dapodik.


Salah satu syaratnya adalah setiap guru yang ingin mengikuti seleksi harus memastikan bahwa data diri sudah terinput pada Aplikasi Dapodik.


Kemudian para guru diharuskan untuk melakukan verifikasi data dan validasi Ijazah pada laman Info GTK yang mana verifikasi data ini merupakan tahapan pertama dari proses seleksi PPPK.


Kemendikbud telah menyediakan sebuah fasilitas yang dapat memudahkan para guru mengkses daftar PTK yang aktif di Dapodik dan terinput dalam database Kemendikbud untuk seluruh jenjang pendidikan mulai dari PAUD hingga SMA.


Fasilitas tersebut berupa situs website Dashboard Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), situs ini akan menampilkan data agreat total data GTK yang berasal dari Dapodik.


Dapodik merupakan sebuah sistem pendidikan online untuk pengelolaan data pendidikan nasional dan meliputi Satuan Pendidikan, Guru,


Peserta Didik dan Tenaga Kependidikan (PAUDNI, Dikmen, Dikdas dll).


Berikut Cara Cek Nama Guru Yang Bisa Mengikuti Proses Seleksi PPPK 2021


1. Silakan buka aplikasi pencarian seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Uc Browser dsb.


2. Ketik “Dashboard GTK” pada kolom penulusuran atau bisa juga langsung mengunjungi tautan laman berikut http://dashboardgtk.data.kemdikbud.go.id/


3. Jika laman sudah menampilkan Dashboard GTK, selanjutnya pilih opsi Selebaran.


4. Setelah itu lakukan filter data seperti memilih provinsi, kabupaten/kota dan bentuk pendidikan (PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK), kemudian klik Tampil.


5. Laman akan memperlihatkan daftar sekolah yang didasarkan pada data yang telah difilter sebelumnya.


6. Pilih opsi Lihat untuk menampilkan dan mengetahui data seluruh PTK satuan pendidik.


7. Jika data Bapak/Ibu Guru sudah terinput dalam Dashboard GTK, maka artinya data sudah tersimpan dalam database milik Kemendikbud dan Anda pun dapat untuk mengikuti seleksi PPPK.


Apabila data milik Bapak/Ibu Guru belum terinput pada Aplikasi Dapodik, segera minta bantuan Operator Sekolah untuk menambahkan data PTK terbaru pada Aplikasi Dapodik yang didasarkan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


Sumber : tribunnews.com


Demikianlah Cara Cek Nama Guru Yang Bisa Mengikuti Proses Seleksi PPPK 2021 di Laman Info GTK Aplikasi Dapodik.