DPR RI Tak Habis Pikir Ada Gaji Siluman PNS, Fadli Zon : Uang Sebanyak Itu Bisa Buat Gaji Guru Honorer!
CopyAMP code

DPR RI Tak Habis Pikir Ada Gaji Siluman PNS, Fadli Zon : Uang Sebanyak Itu Bisa Buat Gaji Guru Honorer!

Rabu, 26 Mei 2021


Gurubisa.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon tidak habis pikir dengan adanya temuan gaji dan uang pensiun siluman Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ia mengkritik keras aliran dana misterius itu.


Melalui akun Twitternya, Fadli Zon terkejut dengan temuan data ada 97.000 siluman PNS yang mendapatkan gaji dan uang pensiun.


Ia pun bertanya-tanya aliran dana itu diterima siapa saja. Menurutnya, kejadian tidak masuk akal itu hanya bisa terjadi di Indonesia.


"Hanya di negeri kita ada gaji dan uang pensiun pada 97.000 siluman PNS dan pensiunan. Siapa yang terima?," tanya Fadli Zon di Twitter seperti dikutip oleh BeritaHits.Id, Senin (24/5/2021).


Politikus Partai Gelora ini menyayangkan kejadian ini. Ia menilai uang jumlah besar itu bisa digunakan untuk menaikkan gaji guru honorer, perawat, dan pekerja di bidang pertanian yang jauh lebih bermanfaat.


"Padahal bisa diarahkan untuk naikkan honorer guru, perawat, penyuluh pertanian, dll," tegas Fadli Zon.


Kritikan Fadli Zon itu langsung dibanjiri berbagai komentar dari warganet. Sebagian besar dari mereka mendukung pernyataan Mantan Wakil DPR itu sambil membagikan pandangan mereka.


"Tahun 2015 seluruh PNS di Indonesia sudah mengisi secara online e-PUPNS. Seharusnya saat itu sudah ditemukan dan dibersihkan. Mengapa baru sekarag disampaikan? Ada apa gerangan? 97.000 x gaji/pensiunan sangat besar untuk jadi modal tambahan," komen warganet.


"Pantesan istri saya susah di angkatnya dah hampir 13 tahun, punya golongan K aja gak punya pak @fadlizon. Ternyata ke PNS gaib larinya itu dana. Masya Allah," curhat warganet.


"Gak heran. Negara kita negeri legenda para siluman. Siluman ular, siluman buaya hitam eh maaf buaya putih dll. Jadi soal siluman-silumanan itu lumrah," celutuk warganet.


"Oalah mas mas. Kapan negeri ini bisa maju, kalau bocor di sana sini?????," kritik warganet.


"Dan yang terpenting adalah pengusutan masalahnya pak. Sikat tanpa ampun," desak yang lain.


"Bukan hanya pensiunan. Tapi dulu itu dari awal sudah ada juga alokasi gaji PNS tapi gak tahu siapa yang terima gajinya padahal PNS gak ada. Makanya kalau jual beli PNS dimana lalu itu mudah sekali. Semoga Allah ampuni pelakunya," tulis warganet.


BKN Ungkap 97 Ribu Data PNS Misterius, Dapat Gaji Tapi Orangnya Gaib


Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkap adanya hampir 100 ribu data Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang misterius. Mereka mendapatkan gaji namun sosoknya malah 'gaib'.


"Ternyata hampir 100 ribu, 97 ribu data misterius. Dibayar gajinya, bayar iuran pensiunan tapi enggak ada orangnya," kata Bima dalam acara Pengumuman BKN Kick Off Meeting Pemutakhiran Data Mandiri yang disiarkan melalui YouTube pada Senin (24/5/2021).


Data tersebut dikatakannya diperoleh saat pihaknya melakukan pendataan ulang PNS pada 2014. Pemutakhiran data sendiri baru dilakukan dua kali sejak 2002 dengan melakukan sistem manual.


Setelah adanya temuan tersebut, pihaknya pun mengajukan diri untuk daftar ulang sebagai PNS. Seperti tahun ini, di mana BKN akan mencoba mengubah sistem pemutakhiran data agar bisa dilakukan setiap waktu.


"Kami hanya kelola dan jaga kerahasiaan data tapi mutakhir data itu jadi milik dan kewajiban ASN itu. Kita akan melaunching aplikasi MYSAPK untuk mutakhirkan data mandiri."


Sumber : https://www.suara.com/


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.