SAH! Jokowi Mendukung, Siap-siap Gaji PNS Bakal Dipotong 2,5% Ini Penjelasanya
CopyAMP code

SAH! Jokowi Mendukung, Siap-siap Gaji PNS Bakal Dipotong 2,5% Ini Penjelasanya

Rabu, 14 April 2021


Gurubisa.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung penuh adanya pemotongan gaji pegawai negeri sipil (PNS) setiap bulan 2,5% untuk zakat.


Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Noor Achmad menjelaskan pada 24 Februari 2021 lalu, pihaknya menemui langsung Presiden Jokowi dan ide tersebut tampaknya akan diamini oleh Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres)


"Pak Jokowi mendukung sekali. Pak Jokowi mungkin akan melakukan (pembuatan) Perpres untuk itu, sedang digodok dan dikaji. Tapi tanggapan Pak Presiden sangat bagus sekali," jelas Noor kepada CNBC Indonesia, Rabu (24/3/2021).


Noor menjelaskan, idenya untuk pemotongan zakat final 2,5% setiap bulan tersebut sebenarnya bukan hanya untuk PNS saja, tapi juga untuk pegawai BUMN, dan swasta dengan langsung dipotong oleh bendaharawan gaji setiap bulannya. Kendati demikian, PNS sebagai abdi negara, pemotongan zakat ini, akan bersifat wajib.


"Pemotongan zakat kepada ASN, pegawai BUMN, dan swasta dengan sistem payroll. Nantinya kalau untuk ASN wajib, konsepnya akan wajib. Pemotongannya setiap bulan pada saat gajian," tuturnya.


Lebih lanjut Noor menyampaikan salah satu cara untuk melakukan pemotongan zakat adalah dihitung setara 85 gram emas. Sehingga kurang lebih Rp 85 juta per tahun atau Rp 7 juta per bulan. Hal ini lah yang menjadi dasar utama, untuk para PNS yang akan dipotong gajinya untuk zakat final 2,5%.


Artinya bagi para abdi negara yang memiliki gaji di bawah Rp 7 juta per bulan tidak diwajibkan. Zakat final 2,5% ini juga tidak berlaku bagi PNS non muslim.


"Kira-kira segitu, gajinya sebulan disitu. Kalau gajinya hanya Rp 5 juta sampai Rp 6 juta tidak (berlaku), belum sampai (untuk dipotong zakat final 2,5%)," tuturnya.


"Untuk PNS non muslim tidak berlaku. Malah tapi teman-teman non muslim responnya 'di kami juga ada kewajiban untuk itu'. Teman-teman yang non muslim justru bilang begitu," kata Noor melanjutkan.


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.