PUPUS Sudah Harapan Guru Honorer, Nadiem Secara TEGAS Tolak Usulan Pengangkatan Guru PPPK Tanpa TES
CopyAMP code

PUPUS Sudah Harapan Guru Honorer, Nadiem Secara TEGAS Tolak Usulan Pengangkatan Guru PPPK Tanpa TES

Kamis, 08 April 2021


Gurubisa.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menegaskan tidak akan mengabulkan usulan pengangkatan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tanpa tes. Terutama, bagi guru honorer yang telah lama mengabdi.

 

"Jangan tanya lagi soal boleh enggak (rekrutmen PPPK) tanpa tes. Semuanya harus adil," kata Nadiem saat berdialog dengan guru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, 7 April 2021.

 

Nadiem menegaskan, rekrutmen guru PPPK harus melalui tes. Sebab, bila tanpa tes, kata dia, yang akan menjadi korban adalah murid.


Nadiem menekankan, dalam rekrutmen PPPK tahun ini, pemerintah sebetulnya menargetkan membuka satu juta formasi. Tapi, yang diusulkan pemerintah daerah baru sekitar 550 ribu formasi.

 

Namun, bagi Nadiem, jumlah formasi ini merupakan sejarah tersendiri dalam proses rekrutmen PPPK beberapa tahun terakhir. Ia memastikan belum pernah ada rekrutmen PPPK dengan formasi sebanyak ini sejak 10 tahun lalu.


Ia menambahkan, pemerintah juga memberikan sejumlah afirmasi dalam seleksi rekrutmen PPPK. Misalnya, guru honorer yang sudah berusia di atas 40 tahun mendapat poin 15 persen dari total poin yang ditargetkan. Guru juga bisa mengikuti seleksi PPPK hingga tiga kali.

 

"Ini terobosan yang luar biasa, jangan disia-siakan. Kalau gurunya mau belajar, saya yakin pasti lulus tes PPPK," ungkapnya.

 

Penegasan ini disampaikan Nadiem, sebab ketika ia bertemu 25 calon Guru Penggerak di Balikpapan dan Penajam Paser Utara, ia beberapa kali mendapat usulan agar guru honorer lama mengabdi bisa dipermudah mengikuti seleksi PPPK. Salah satunya, dengan pengangkatan tanpa tes.

 

"Mohon jangan complaint lagi mau masuk (PPPK) tanpa tes. Tidak bisa itu merugikan murid kita, harus ada tes," tegas Nadiem.


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.