Mendikbud Nadiem MINTA PembelajaranTatap Muka HARUS Segera Dilakukan, Ini Pernyataan Tegasnya
CopyAMP code

Mendikbud Nadiem MINTA PembelajaranTatap Muka HARUS Segera Dilakukan, Ini Pernyataan Tegasnya

Kamis, 01 April 2021


Gurubisa.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, tatap muka harus segera dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Menurutnya, saat ini masyarakat harus hidup bersama dengan Covid-19.


"Kenyataannya adalah kita harus hidup dengan virus ini. Kita tidak punya opsi lagi. Kita harus mulai melaksanakan sekolah tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat. Jadinya itu adalah situasinya sekarang," kata Nadiem saat menjadi pembicara dalam acara daring Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Kamis (1/4).


Nadiem menjelaskan, saat ini pihaknya sudah mengupayakan untuk mempersiapkan sekolah tatap muka. Hal utama yang dilakukan saat ini adalah akselerasi vaksinasi dan diprioritaskan kepada guru dan tenaga pendidik.


Vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik ini terus didorong. Nadiem mengatakan, arahan Presiden Joko Widodo adalah vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik harus selesai Juni 2021 sehingga tatap muka bisa dijalankan pada Juli.


Selanjutnya, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga telah dibuat lebih fleksibel penggunaannya. Dana BOS boleh digunakan untuk melakukan persiapan tatap muka, baik itu membeli masker, alat kebersihan, atau melengkapi fasilitas di sekolah lainnya.


"Jadinya, harusnya prioritas daripada semua dana BOS adalah untuk melaksanakan tatap muka itu. Jadi, itu kira-kira persiapannya. Makanya, kita keluarkan SKB ini bahwa sekolah wajib memberikan opsi tatap muka saat guru-gurunya sudah divaksin," kata Nadiem menegaskan.


Tatap muka pun tetap dilakukan secara terbatas, misalnya, dengan membatasi jumlah siswa di dalam kelas. Nadiem mengatakan, protokol kesehatan ini harus dilakukan dan situasi tatap muka tidak seperti sebelum pandemi.


Demikian berita pendidikan yang dapat kami bagikan secara terupdate, semoga bermanfaat.