Jadi Calo PNS, Lansia di Lebak Ini Raup Rp300 Juta untuk Foya-Foya dan Bayar Utang Resmi DITANGKAP
CopyAMP code

Jadi Calo PNS, Lansia di Lebak Ini Raup Rp300 Juta untuk Foya-Foya dan Bayar Utang Resmi DITANGKAP

Selasa, 06 April 2021


Gurubisa.com - Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi impian banyak orang. Hal ini terlihat dari banyaknya peminat saat lowongan dibuka setiap tahunnya.


Memanfaatkan peluang itu, seorang lansia di Kabupaten Lebak berinisial ASD alias PIT (52) nekat melakukan penipuan. Ia menyamar sebagai calo PNS, dan menawarkan jasa abal-abalnya ini ke salah seorang warga di Kecamatan Maja.


Modusnya, ASD menjanjikan korban akan dimasukkan di satu sisa slot kursi Aparatur Sipil Negara (ASN). Nahas, korban RH (50), yang berprofesi seorang petani ini percaya. Korban akhirnya mengeluarkan uang mencapai Rp321 juta.


"Awalnya pelaku mendapatkan informasi dari temannya, ada tetangga temannya yang ingin masuk CPNS. Kemudian pelaku menemui korban dan meyakinkannya bisa diterima sebagai PNS," kata Kasatreskrim Polres Lebak, Iptu Indik Rusmono, seperti diberitakan Liputan6 Senin, Senin (05/04/2021).


Korban Percaya


Malangnya, RH tidak menyangka jika dirinya akan ditipu oleh tetangganya sendiri. Ia merasa yakin karena tersangka berasal dari daerah yang sama dengannya. Korban juga tergoda dengan iming-iming, anaknya akan lolos di posisi yang diinginkan.


"Pelaku mengaku mengenal pegawai BKD yang bisa memasukkan atau meloloskan tes CPNS. Pelaku juga mengaku memiliki jatah untuk satu orang dimasukkan PNS," kata Indik kepada wartawan.


Uang Hasil Penipuan Digunakan Untuk Bayar Hutang dan Foya-Foya


Saat diinterogasi, ASD mengungkapkan jika sebagian uang tersebut yang berjumlah Rp125 juta rencananya akan dipakai untuk membayar utang ke lima rentenir. Sedangkan sisanya, Rp196 juta, akan digunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk berfoya-foya.


Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka ASD dikenai Pasal 378 dengan ancaman hukuman 4 tahun kurungan penjara.


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.