Buat Guru dan Siswa Silakan Cek HP, Kuota Internet Kemendikbud Bulan April Sudah Cair
CopyAMP code

Buat Guru dan Siswa Silakan Cek HP, Kuota Internet Kemendikbud Bulan April Sudah Cair

Jumat, 23 April 2021


Gurubisa.com - Pada bulan April ini, pemerintah masih akan memberikan bantuan kuota internet pada siswa dan guru. Bagi yang belum pernah terdaftar di bantuan sebelumnya maupun mereka yang mengganti nomor ponsel juga akan menerima bantuan pertama kali di tahun ini.


"Bagi yang belum dan ingin mendaftar atau yang merubah nomornya menunggu sampai dengan pertengahan April 2021," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.


Bantuan tersebut sudah dimulai pada bulan Maret lalu. Penyaluran kuota internet gratis ini akan diberikan tiap tanggal 11 hingga 15 setiap bulannya selama tiga bulan.


Berbeda dengan bantuan tahun lalu, besaran kuota pada program tahun ini lebih sedikit. Namun hanya dalam satu kuota umum saja tidak dibagi dengan kuota belajar sepetti sebelumnya.


Besaran kuota untuk siswa PAUD adalah 7GB, murid sekolah dasar hingga mencegah 10GB, 12 GB bagi pendidik PAUD, sekolah dasar dan menengah. Semenara 15GB untuk mahasiswa dan dosen.


Nadiem beralasan banyak masyarakat yang ingin penggunaan kuota belajar lebih fleksibel. Karena pada bantuan sebelumnya masih banyak website hingga Youtube yang tak dapat akses, padahal laman-laman tersebut memuat banyak materi pembelajaran.


Namun dia mengingatkan walaupun kuota sekarang lebih fleskibel, ada sejumlah aplikasi yang tetap tak bisa diakses menggunakan bantuan kuota belajar.


"Yang dikecualikan dari paket adalah social media seperti Facebook, Instagram dan tentunya games-games," ungkapnya.


Laman resmi kuota belajar juga memuat daftar lengkap aplikasi apa yang tidak bisa digunakan. Pemerintah membaginya dalam Social Network, Games, dan Video Apps.


Selain Facebook dan Instagram, penerima kuota gratis juga tidak bisa mengakses seperti Pinterest, Snapchat, Tinder, dan Tumblr, dan Twitter.


Untuk Games ada Candy Crush, Gaerna AOV dan Free Fire, hingga FIFA Mobile Football. Sementara di bagian Video Apps terdapat platform streaming dan video yang tidak dapat diakses mulai dari Dailymotion, Tiktok, Netflix dan Viu.


Sumber : cnbcindonesia.com


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.