Seleksi Guru Sekolah Luar Negeri Resmi Dibuka, Guru PNS dan Non PNS Silakan Mendaftar Disini
CopyAMP code

Seleksi Guru Sekolah Luar Negeri Resmi Dibuka, Guru PNS dan Non PNS Silakan Mendaftar Disini

Selasa, 09 Maret 2021


Gurubisa.com - Kabar gembira, Seleksi Bersama Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) 2021 telah dibuka


Seleksi ini dibuka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memenuhi kebutuhan GTK di SILN di beberapa negara sahabat.


Bersumber dari Instagram Kemendikbud, Selasa (9/3/2021), guru baik berstatus PNS maupun bukan bisa mendaftar seleksi calon guru SLIN 2021.


Kemendikbud mengajak para guru yang memenuhi syarat untuk ikut mendaftar seleksi ini.


Merangkum unggahan di Instagram Kemendikbud, berikut informasi tentang lowongan guru di Sekolah Indonesia di Luar Negeri tahun 2021.


Lokasi penempatan guru SILN 2021


Peserta yang lolos seleksi penerimaan guru di SILN tahun 2021 nantinya akan di tempatkan di beberapa lokasi di negara-negara berikut:


Kota Kinabalu, Malaysia

Johor Bahru, Malaysia

Kuala Lumpur, malaysia

Singapura

Bangkok, Thailand

Tokyo, Jepang

Riyadh, Arab Saudi

Jeddah, Arab Saudi

Cairo, Mesir

Yangon, Myanmar

Den Haag, Belanda


Persyaratan umum


Warga Negara Indonesia (WNI).

Usia maksimal saat mendaftar 40 tahun.

Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.

Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta serta tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi pemerintah.

Bagi pelamar calon Guru/Tendik berstatus PNS wajib melampirkan surat pernyataan yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) terkait izin mengikuti seleksi dan kesediaan menerima kembali di instansi asal.


Persyaratan khusus untuk formasi guru SILN


Berstatus sebagai Guru PNS maupun Guru bukan PNS.

Berijazah minimal S1 sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal IPK 2.75.

Memiliki Sertifikat Profesi Pendidik yang linear dengan jabatan yang dilamar, kecuali bagi pelamar Guru Produktif Kuliner, Guru Produktif Perhotelan dan Jasa Pariwisata, serta Guru Produktif Teknologi Pesawat Udara dapat digantikan dengan sertifikat keahlian.

Diutamakan memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Memiliki kecakapan dalam berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat TOEFL Prediction Score minimal 450 atau IELTS 5.0 yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa yang berafiliasi dengan Perguruan Tinggi atau Lembaga Bahasa yang terakreditasi.

Memiliki pengalaman mengajar sesuai bidang yang diampu minimal lima tahun, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah/Ketua Yayasan.


Tata cara mendaftar lowongan guru SILN 2021


Calon guru wajib memiliki alamat surat elektronik atau email yang aktif.


Peserta melakukan pendaftaran melalui laman http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln/.


Pendaftaran lanjutan dilakukan dengan cara login menggunakan username dan password yang dikirim olek Sekretariat Panitia Seleksi Bersama melalui email peserta seleksi.


Panitia hanya akan memproses lamaran bagi pelamar yang mengunggah dokumen/berkas yang dipersyaratkan secara lengkap dan benar.


Daftar dokumen persyaratan mendaftar lowongan guru SILN 2021 bisa dilihat di https://www.kemdikbud.go.id/


Jadwal seleksi calon guru SILN 2021


Pengumuman resmi seleksi: 3 Maret 2021

Waktu pendaftaran: 3-16 Maret 2021

Pengumuman hasil seleksi administrasi: 25 Maret 2021

Pelaksanaan seleksi: 6-9 April 2021

Pengumuman hasil seleksi: Mei 2021

Peserta diimbau untuk selalu memantau informasi terbaru tentang seleksi calon guru SILN 2021 karena jadwal bisa berubah sewaktu-waktu.


Informasi lengkap tentang seleksi calon guru di Sekolah Indonesia di Luar Negeri 2021 bisa dilihat di http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln/.


Artikel ini telah tayang di www.gurubisa.com dengan judul "Seleksi Guru Sekolah Luar Negeri Resmi Dibuka, Guru PNS dan Non PNS Silakan Mendaftar Disini"