Jokowi Cairkan BLT UMKM, Tetap Rp2,4 Juta? Alhamdulillah Siap-siap Cek Rekening
CopyAMP code

Jokowi Cairkan BLT UMKM, Tetap Rp2,4 Juta? Alhamdulillah Siap-siap Cek Rekening

Kamis, 18 Maret 2021


Gurubisa.com - Pemerintah memastikan bahwa Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM akan kembali digelontorkan pada tahun ini. Namun, hingga kini besaran nominal dana yang diberikan kepada para pedagang belum dipastikan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.


Seperti diketahui, BLT UMKM UMKM pada tahun 2020 tercatat telah tersalurkan 100% dengan total nilai Rp28,8 triliun. Bantuan ini diberikan sebesar Rp2,4 juta per pelaku usaha mikro, dan targetnya sebanyak 12 juta penerima.


"Saat ini masih dalam tahap proses regulasi, nanti kalau sudah ditetapkan pasti akan kami berikan informasi resminya kembali," kata Humas Kementerian Koperasi dan UKM Uci kepada Okezone, Kamis (18/3/2021).


Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan program PEN KUMKM terdiri dari dua klaster. Pertama, bagi usaha mikro yang unbankable, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).


“Insya Allah segera akan digulirkan oleh Presiden,” kata Teten, kemarin.


Kedua, PEN bagi kelompok usaha yang sudah bankable dan telah mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR) berupa fasilitas subsidi bunga KUR dan pembiayaan modal kerja koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).


"Pemerintah terus mematangkan alternatif pembiayaan untuk UMKM dan Koperasi yang murah, mudah, dan cepat agar UMKM cepat naik kelas,” papar Teten.


Dia mengakui pandemi memberikan dampak sangat besar bagi UMKM. Menurut data Siap Bersama UKM, dampak pandemi terhadap UMKM yaitu Kesulitan Pemasaran 22,9%,Distribusi Terhambat 20,01%, Kesulitan Permodalan 19,39%, dan Bahan Baku 18,87%.


Demikian berita BLT UMKM yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.