Guru Sudah Divaksin, PembelajaranTatap Muka WAJIB Segera Dilakukan, Jangan Tunggu Bulan Juli
CopyAMP code

Guru Sudah Divaksin, PembelajaranTatap Muka WAJIB Segera Dilakukan, Jangan Tunggu Bulan Juli

Rabu, 31 Maret 2021


Gurubisa.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, pembelajaran tatap muka terbatas tidak harus menunggu tahun ajaran baru Juli 2021. 


Ia mengatakan, pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah bisa dilakukan apabila tenaga pendidikan sudah divaksin. 


"Tidak ada kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas di bulan Juli 2021, pembelajaran tatap muka terbatas mulai sekarang. Sekarang sudah divaksinasi guru-gurunya, sekolah yang guru-gurunya sudah divaksinasi harus segera memenuhi protokol kesehatan dan segera lakukan tatap muka," kata Nadiem dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (30/3/2021). 


Nadiem mengatakan, pemerintah menargetkan, pada Juli 2021 semua satuan pendidikan sudah bisa melakukan pembelajaran tatap muka tersebut. 


Ia mengatakan, sejak Januari 2021, sebanyak 22 persen satuan pendidikan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. 


"Tapi kalau mau mencapai Juli, sekolah harus mulai dari sekarang. Jangan lupa ini bukan eksperimen yang baru, sudah 22 persen sekolah kita lakukan pembelajaran tatap muka terbatas," ujar dia.  


"Jadinya mohon pertama ditekankan pembelajaran tatap muka terbatas terbatas itu mulainya dari kebijakan keluar hari ini," kata dia.  


Sementara itu, terkait beberapa sekolah yang melakukan pembelajaran tatap muka terbatas tetapi para tenaga pendidikannya belum divaksin, Nadiem mengatakan, sekolah tersebut tetap diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 


"Jangan mengira 'Oh kalau belum divaksin berarti ditutup lagi'. Tidak. Dipersilakan untuk lanjut dengan prokes yang sudah jelas standarnya ketat dan kalau ada infeksi penyebaran infeksi harus ditutup lagi sekolahnya," ucap Nadiem. Pembelajaran tatap muka terbatas ini bisa dilaksanakan atas persetujuan orangtua peserta didik.


Demikian berita terkini yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.