Buat Guru, Ini Cara Mudah Buat Akun SIMPKB di GTK Kemdikbud untuk Akses Materi PPPK 2021
CopyAMP code

Buat Guru, Ini Cara Mudah Buat Akun SIMPKB di GTK Kemdikbud untuk Akses Materi PPPK 2021

Minggu, 07 Maret 2021


Gurubisa.com - Akun SIMPKB dibutuhkan untuk mengakses materi dan kumpulan soal pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebagai persiapan seleksi 1 juta guru honorer 2021. 


Materi PPPK 2021 bisa diakses secara online melalui https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/ dengan nama Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK. 


Materi yang terdiri dari modul dan kumpulan soal PPPK 2021 ini hanya bisa diakses oleh semua guru non PNS yang terdaftar di Dapodik dan telah memiliki Akun SIMPKB. 


Sebelum membuat akun SIMPKN, Anda harus mengecek nomor UKG. Berikut ini merupakan persyaratan dan langkah yang dilakukan bagi para Guru/Kandidat untuk mencari informasi nomor UKG: 


1. Pastikan Anda terdaftar aktif di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sekolah dan pastikan Dapodik Sekolah sudah sinkron dengan Dapodik Pusat. 


2. Jika Dapodik sekolah belum sinkron dengan Dapodik Pusat, silahkan hubungi operator Dapodik sekolah. Setelah Dapodik sekolah sinkron dengan Dapodik Pusat, tunggu 2x24 jam untuk mendapatkan akun SIM-PKB. 


3. Cari dan aktivasi akun SIM-PKB Anda melalui laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/. 


4. Masukan nama, propinsi, dan kota Anda kemudian silakan klik tombol CARI GTK. 


5. Selanjutnya gulir kebagian bawah laman untuk melihat hasil pencarian, dan silakan lihat nomor UKG. 


Setelah mendapat nomor UKG, berikut cara membuat akun SIMPKB yaitu: 


1. Akses laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ dan klik Registrasi Akun GTK; 


2. Lengkapi data Nomor Peserta UKG dan Tanggal Lahir Anda serta klik konfirmasi "Saya bukan robot". Jika sudah silakan klik tombol REGISTER; 


3. Lakukan konfirmasi registrasi akun dengan klik tombol Setujui dan Cetak; 


4. Lakukan cetak dokumen pemberitahuan Akses Layanan dengan klik tombol Save atau Simpan/tombol berwarna biru (Sesuai pengaturan browser Anda). 


Setelah memiliki akun SIMPKB, silahkan mengakses Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK di https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/. 


Klik Mulai Belajar lalu masukan email dan kata sandi. Selanjutnya klik Masuk. Dalam portal tersebut terdapat 38 jenis modul belajar yang terdiri dari 26 mata pelajaran dari jenjang SD, SMP, dan SMA. 


Jadwal Pelaksanaan Program Guru Belajar Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK Berbagi: 


1. Pemilihan Mata Pelajaran: 3 Maret - 12 April 2021;

2. Fasilitasi Pembelajaran: 2 Maret - 12 April 2021; 

3. Tryout: 15 Maret - 7 Mei 2021. 


Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK untuk me-refresh kembali pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat sebelumnnya. 


Selain itu untuk memberikan pengalaman baru terkait belajar mandiri dengan mengedepankan konsep komunitas pembelajaran. 


Selanjutnya dapat memanfaatkan teman sebaya (peer learning) dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilan. 


Salah satu yang terpenting bahwa progra belajar mandiri Kemendikbud ini untuk menyiapkan para guru dalam menghadapi seleksi calon guru ASN PPPK yang dibuka 1 juta formasi tahun ini.


Artikel ini telah tayang di www.gurubisa.com dengan judul "Buat Guru, Ini Cara Mudah Buat Akun SIMPKB di GTK Kemdikbud untuk Akses Materi PPPK 2021"