4 Fakta Terbaru THR PNS Cair Mei, Berikut Besaran dan Tanggalnya, CEK!
CopyAMP code

4 Fakta Terbaru THR PNS Cair Mei, Berikut Besaran dan Tanggalnya, CEK!

Senin, 22 Maret 2021


Gurubisa.com - Pemerintah memastikan akan mencairkan THR PNS pada tahun ini. Meskipun saat ini pandemi covid-19 masih berlangsung. Sedikit bocoran, THR PNS tahun ini akan full alias tidak dipotong seperti tahun lalu.


Pemerintah pun saat ini sedang melakukan pembahasan terkait pencairan THR PNS. Salah satunya adalah mengenai skema yang akan digunakan apakah mengikuti skema tahun lalu atau sebelum covid-19.


Ada sejumlah fakta menarik dari pemberian THR PNS pada tahun ini. Berikut Okezone merangkumnya pada Senin (22/3/2021).


1. Masih Dalam Pembahasan


Kementerian Keuangan masih dalam pembahasan untuk mekanisme pencairan THR PNS. Termasuk juga waktu dari pencairan THR untuk pegawai pemerintah ini saat Lebaran Idul Fitri.


“Mungkin juga (masih dibahas), kan kebijakan Kementerian Keuangan untuk pemberian THR,” ucap Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian


2. Waktu Pencairan THR PNS


Meskipun belum bisa diputuskan dan dipastikan, namun THR untuk PNS diperkirakan akan sama dengan tahun lalu.


Jika mengacu pada tahun lalu, maka tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 24 tahun 2020 tentang pemberian tunjangan hari raya tahun 2020 kepada PNS, Prajurit TNI, anggota Kepolisian, Pegawai Non PNS, dan penerima pensiun atau tunjangan.


Berdasarkan peraturan tersebut, tunjangan THR dibayarkan paling cepat 10 hari kerja sebelum tanggal hari raya. Artinya pencairan THR untuk PNS akan dilakukan paling lambat pada awal Mei mengingat pada tahun ini, Lebaran Idul Fitri jatuh pada 13-14 Mei 2021.


3. Besaran THR PNS


Selain itu, THR diberikan sebesar penghasilan satu bulan pada dua bulan sebelum bulan hari raya. Kemudian dalam pasa 15 ayat 2 menyebutkan Tunjangan Hari Raya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum dapat dibayarkan, Tunjangan Hari Raya dapat dibayarkan setelah tanggal Hari Raya.


Dalam pasal 17, ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian Tunjangan Hari Raya yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara diatur dengan Peraturan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan.


Kemudian pada ayat 2 ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian Tunjangan Hari Raya yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah diatur dengan Peraturan Kepala Daerah.


4. Pencairan THR PNS Ada di Tangan Sri Mulyani


Keputusan pencarian untuk ASN berada di tangan Kementerian Keuangan.


Termasuk juga mengenai besaran dan komponen yang ada dalam THR nantinya. Pada tahun lalu sendiri, komponen THR untuk ASN ada yang sedikit berbeda dibandingkan tahum sebelumnya karena hanya meliputi gaji pokok dan tunjangan yang melekat, dengan tunjangan kinerja tidak dimasukkan dalam komponen THR 2020.


“Coba saya cek ya. Soalnya ini juga masuk ranahnya Kementerian Keuangan sih,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian.


Demikian berita PNS yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.