Terjadi Lagi, Kepsek Berurusan dengan Kejaksaan Setelah Terbukti Korupsi Rp290 Juta Dana BOS
CopyAMP code

Terjadi Lagi, Kepsek Berurusan dengan Kejaksaan Setelah Terbukti Korupsi Rp290 Juta Dana BOS

Minggu, 21 Februari 2021


Gurubisa.com - Mantan Kepala SMK Negeri 1 Luragung Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini bersiap menghadapi pemeriksaan penyidik kejaksaan setempat.


Kepsek berinisial MR (57 tahun) ini, harus menghadapi proses hukum atas sangkaan korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Tp.290 juta lebih.


Pada penyidikan awal di kepolisian, MR diduga telah memanfaatkan jabatannya dengan mengemplang dana BOS pada tahun 2014 dan 2015.


Dana BOS yang dikorupsi MR diketahui bersumber dari pemerintah pusat dan provinsi.


Setelah cukup bukti dan saksi, kasus korupsi dana BOS MR lalu dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuningan.


"Benar kasus yang melibatkan MR, sudah P21 (pelimpahan dari penyidik kepolisian ke kejaksaan)," Kepala Kejari Kuningan, L Tedjo Sunarno, Senin, 22 Februari 2021.


Sementara itu Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kuningan, Ardhy Haryoputranto, menyatakan dari hasil pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Kuningan, ditemukan kerugian negara sebesar Rp.290.429.226.


Ardhy menyampaikan, saat ini pihaknya belum melakukan penahan terhadap tersangka MR karena masih menunggu proses pelimpahan berkas perkara dan barang bukti dari penyidik polres setempat.


Pada berkas awal yang diterima Kejari, MR dijerat Pasal 2 Ayat (1), Pasal 3 dan Pasal 18 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 mengenai Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


"Ancaman hukumannya maksimal 20 tahun penjara serta denda minimal Rp200 juta dan paling banyak Rp1 miliar, imbuh Ardhy.***


Artikel ini telah tayang di www.gurubisa.com dengan judul "Terjadi Lagi, Kepsek Berurusan dengan Kejaksaan Setelah Terbukti Korupsi Rp290 Juta Dana BOS"