Cair! Guru Agama PNS dan Non PNS Bakal Terima Gaji Dobel Tiap Bulan, Segini Nominalnya, Alhamdulillah
CopyAMP code

Cair! Guru Agama PNS dan Non PNS Bakal Terima Gaji Dobel Tiap Bulan, Segini Nominalnya, Alhamdulillah

Jumat, 12 Februari 2021


Gurubisa.com - Khusus guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Banyumas akhirnya bisa bernafas lega. Mulai akhir tahun 2020, Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau sertifikasi tidak lagi dirapel per triwulan namun dijadwalkan cair setiap bulan.


Kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banyumas, Agus Setiawan mengatakan, besaran TPG sesuai dengan gaji pokok. Artinya, setiap bulan guru PAI baik itu di bawah naungan Kemenag maupun guru PAI di bawah Dinas Pendidikan Kabupaten akan menikmati gaji dobel.


“Tunjangan untuk Guru PAI yang mengajar di sekolah umum kini sudah difasilitasi Kemenag. Alhamdulillah, kami bisa melayani secara maksimal pencairan tunjangan tersebut,” katanya, Rabu (10/2/2021).


Setiap awal bulan, antara tanggal 1-5, para guru diharuskan mengisi daftar hadir di aplikasi ‘Siaga’ milik Kemenag. Kemudian, untuk pencairannya dilakukan maksimal di pertengahan bulan.


“Batas akhir pencairan tanggal 15. Sebelumnya, tanggal 1-5 mereka upload melalui aplikasi ‘Siaga’ untuk mengisi daftar hadir, kalau sudah tinggal nunggu cair,” ujarnya.


Ia merinci, sedikitnya ada 370 guru PAI berstatus PNS yang mendapat fasilitasi dari Kemenag di Kabupaten Banyumas. Tak hanya itu, guru PAI non-PNS yang sudah sertifikasi juga berhak mendapat TPG.


“Kami mengeluarkan Rp 1,3 miliar per bulan untuk membayar tunjangan profesi guru PAI di sekolah umum,” katanya.


Langkah ini, kata Agus, sebagai bentuk dukungan kepada para guru PAI, meski tidak berada di bawah naungan Kemenag, tetap mendapat perhatian.


Dia berharap, TPG yang cair tiap bulan ini dapat meningkatkan semangat dan profesionalitas guru PAI, terutama agar terus berinovasi saat pembelajaran daring. (Anas Masruri)


Artikel ini telah tayang di www.gurubisa.com dengan judul "Cair! Guru Agama PNS dan Non PNS Bakal Terima Gaji Dobel Tiap Bulan, Segini Nominalnya, Alhamdulillah"