TUNJANGAN Sertifikasi Triwulan IV 2020 Hingga Kini Belum Terbayar , Alasanya Bikin Guru NGELUS DADA
CopyAMP code

TUNJANGAN Sertifikasi Triwulan IV 2020 Hingga Kini Belum Terbayar , Alasanya Bikin Guru NGELUS DADA

Minggu, 10 Januari 2021


GURUBISA.COM - Setelah sebelumnya tunjangan profesi guru (TPG) atau sertifikasi satu bulan terakhir pada triwulan IV tahun 2020 belum terbayarkan.


Kini sebanyak 248 Guru di Kota Tomohon lagi-lagi masih harus kembali bersabar.


Dikarenakan untuk pembayaran sertifikasi guru di Kota yang dikenal sebagai Kota Pendidikan ini, masih menunggu dana tranfers dari Pemerintah Pusat.


"Sejauh ini ada 248 guru yang masih menunggu pembayaran sertifikasi bulan Desember," kata Penjabat (Pj) Sekretaris Kota Tomohon Dolvin Karwur.


Menurut Dolvin yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon, total anggaran sertifikasi yang belum terbayar yakni Rp 973.169.400.


"Untuk TK masih ada 95 guru dengan anggaran Rp 352.993.000. SMP 143 guru anggaran Rp 572.807.600. Serta Pengawas 10 guru dengan anggaran Rp 47.368.800," terangnya.


Dolvin pun menyebut alasan belum dibayarkan karna dana tranfers dari pusat yang masih kurang.


"Ketika masih dua bulan sebelum habis tahun anggaran, kami sudah menyurat dan saya bahkan sudah berangkat langsung. Tapi jawaban dari Kementerian dijadikan saja carry over, karena buffer stok habis lantaran digeser ke penanganan Covid-19," sebutnya.


Untuk itu, saat ini pihaknya tinggal menunggu SK dari Menteri terkait carry over.


"Ini dijadikan carry over, tapi tinggal butuh dana Rp 973 Miliar," jelasnya.


"Dana tranfers sertifikasi memang sudah dikirim. Tapi ketika dia naik pangkat gaji pokoknya meningkat. Otomatis pada triwulan terakhir sesuai dapodik pusat langsung mengirim berapa kekurangan yang belum terbayar. Tapi kali ini tidak dikirimkan, berapa kekurangan kita," tandas Dolvin. 


Artikel ini telah tayang di www.gurubisa.com dengan judul "TTUNJANGAN Sertifikasi Triwulan IV 2020 Hingga Kini Belum Terbayar , Alasanya Bikin Guru NGELUS DADA"