KABAR BAIK! Kemendikbud Lanjutkan Bantuan Kuota Internet Gratis, Siap-siap Cek Hp
CopyAMP code

KABAR BAIK! Kemendikbud Lanjutkan Bantuan Kuota Internet Gratis, Siap-siap Cek Hp

Minggu, 03 Januari 2021

GURUBISA.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberi sinyal bantuan kuota internet gratis akan diteruskan tahun ini.


Penerimanya masih sama seperti pada 2020 lalu, yaitu siswa, mahasiswa, guru, dosen, tenaga kependidikan, dan lainnya.


Tujuan pemberian bantuan ini agar proses pembelajaran tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia.


Dikutip dari kuota-belajar.kemdikbud.go.id pada Jumat, 1 Januari 2021, kuota internet gratis yang akan diberikan terbagi dua jenis.


Kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi, serta kuota belajar yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.


Kemungkinan kuota internet yang akan diberikan juga masih sama seperti September sampai Desember 2020 lalu.


Peserta didik jenjang PAUD akan mendapatkan paket kuota internet sebesar 20 gigabyte (GB) per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB.


Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 35 GB per bulan dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 30 GB.


Lalu, paket kuota internet untuk guru PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar.


Khusus mahasiswa dan dosen diberikan 50 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar.


Plt Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud Hasan Chabibie mengatakan, bahwa Meneteri Keuangan (Menkeu) juga sudah menyebutkan bantuan kuota internet diteruskan 2021 ini.


“Pak Presiden Jokowi juga meminta kepada Kemendikbud program bantuan kuota gratis ini dilanjutkan. Terkait teknis kuota gratis masih akan dibahas bersama Mendikbud Nadiem Makarim, Sekjen Kemendikbud Ainun Naim, bersama semua kalangan lainnya,” ujarnya.


“Tujuan kita agar siswa terus mendapat pendidikan di bangku sekolah, dalam rangka menjemput bonus demografi Indonesia di 2045,” pungkasnya.


Artikel ini telah tayang di www.gurubisa.com dengan judul "KABAR BAIK! Kemendikbud Lanjutkan Bantuan Kuota Internet Gratis, Siap-siap Cek Hp"