BUAT Guru Honorer se-Indonesia, Ini KABAR GEMBIRA dari Mendikbud Nadiem, ALHAMDULILLAH
CopyAMP code

BUAT Guru Honorer se-Indonesia, Ini KABAR GEMBIRA dari Mendikbud Nadiem, ALHAMDULILLAH

Sabtu, 23 Januari 2021


GURUBISA.COM - Buat guru honorer se-Indonesia, ini adalah kabar gembira.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan 1 juta guru honorer di Indonesia bisa mendapatkan penghasilan setara dengan PNS.


Syaratnya, mereka harus lulus tes PPPK. Sebelum tes PPPK, para guru honorer ini akan dibekali panduan agar lolos dengan mudah.


Syaratnya tentu harus mempelajari panduan resmi Kemendikbud.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memastikan, semua guru honorer di Indonesia dapat mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.


Nadiem menyebut, seleksi P3K menjadi salah satu program terbesar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun ini.


"Sekarang pertama kalinya semua guru honorer bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi P3K," kata Nadiem melalui tayangan YouTube FMB9ID_IKP, Jumat (22/1/2021).


Nadiem mengatakan, pihaknya akan menyiapkan kapasitas dan kompetensi para guru honorer agar lolos seleksi P3K.


Upaya ini ditempuh dengan menyediakan modul dan pembelajaran daring untuk para guru honorer yang hendak mengikuti seleksi.


Guna memperbesar peluang kelulusan, para guru bahkan dapat mengikuti seleksi tidak hanya sekali, tetapi hingga 3 kali.


"Enggak kita tinggalkan begitu saja, kalau dia gagal lolos tes seleksi itu masih ada kesempatan dua kali lagi untuk mengambil tesnya di tahun ini maupun di tahun depan," ujar Nadiem.


Nadiem mengatakan, guru honorer yang lolos seleksi dan ditetapkan menjadi P3K akan mendapat renumerasi atau penghasilan yang setara dengan pegawai negeri sipil (PNS).


Program ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan para guru di Tanah Air.


"Itu adalah program kita yang akan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi guru tanpa mengorbankan kualitas pembelajaran untuk murid-murid kita," kata Nadiem.


Sebelumnya, Nadiem menyampaikan bahwa hanya guru honorer yang lulus seleksi bisa menjadi P3K. Kapasitas guru yang akan ditetapkan sebagai P3K mencapai 1 juta orang.


Apabila 1 juta orang yang lulus seleksi, semua orang yang lulus itu berhak menjadi PPPK.


"Kalau cuma 200.000 yang lulus, itu yang bisa jadi PPPK.


Bahkan kalau yang lulus 100 ribu orang, itu yang akan diangkat menjadi PPPK," kata Nadiem dalam acara Taklimat Media Awal Tahun 2021 secara daring, Selasa (5/1/2021).


Artikel ini telah tayang di gurubisa.com dengan judul "BUAT Guru Honorer se-Indonesia, Ini Kabar Gembira dari Mendikbud Nadiem, ALHAMDULILLAH"