Presiden Jokowi : Tolong ! Guru Jangan Terlalu Sibuk Urusan Administrasi, Tak Fokus Mengajar
CopyAMP code

Presiden Jokowi : Tolong ! Guru Jangan Terlalu Sibuk Urusan Administrasi, Tak Fokus Mengajar

Senin, 28 Desember 2020


www.gurubisa.com - Presiden Jokowi menilai pas ini guru tidak amat fokus didalam kesibukan belajar mengajar. Hal itu dikarenakan mereka lumayan disibukkan dengan kesibukan administrasi di sekolah.


Penilaian ini didasarkan terhadap survei Program For International Student Assessment atau Program Penilaian Pelajar Internasional.


"Ini beberapa kali saya tekankan, tentang beban administrasi guru. Guru tidak fokus kesibukan belajar mengajar tetapi lebih banyak dipakai untuk hal-hal yang mengenai dengan administrasi. Ini tolong digarisbawahi," ujar Jokowi didalam ratas virtual tentang pendidikan, Jumat (3/4).


Selain itu, Jokowi terhitung menyoroti rendahnya Kedatangan siswa di sekolah. Menurut Jokowi kudu ada cara perbaikan untuk menangani dua kasus ini.


"Mengacu survei PISA kudu langkah-langkah perbaikan menyeluruh baik segi peraturan, regulasi, anggaran infrastruktur, manajemen sekolah, mutu guru dan beban administrasi guru," lanjut Jokowi.


Lebih lanjut, kembali merujuk terhadap hasil Survei PISA, Jokowi terhitung menyoroti terdapatnya penurunan kompetensi pelajar Indonesia di 3 bidang yaitu membaca, matematika, dan sains.


"Namun laporan yang saya terima skor biasanya PISA 2018 alami penurunan di 3 bidang kompetensi dengan penurunan paling besar di bidang membaca," ujarnya. 


"Kemampuan membaca siswa Indonesia dengan skor 371 di posisi 74, kekuatan Matematika skor 379 di posisi 73, kekuatan sains skor 396 posisi 71," lanjutnya.


Diketahui, Program PISA merupakan survei penilaian global yang diselenggarakan tiga-tahunan untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah yang berusia 15 tahun di beraneka negara terhitung Indonesia. Indonesia telah mengikuti program ini dari tahun 2000.


"Indonesia telah ikut survei PISA sepanjang 7 putaran sejak tahun 2000-2018 dan menunjukkan proses pendidikan Indonesia beralih jadi lebih inklusif, terbuka, dan meluas aksesnya sepanjang 18 tahun terakhir," pungkasnya.


Artikel ini telah tayang di www.gurubisa.com dengan judul Presiden Jokowi : Tolong ! Guru Jangan Terlalu Sibuk Urusan Administrasi, Tak Fokus Mengajar