Buat Seluruh Guru Honorer di Indonesia Jangan Sampai SALAH, Untuk Pendaftaran 1 Juta Guru PPPK 2021 Hanya Dilakukan dengan Membuka DUA LINK INI
CopyAMP code

Buat Seluruh Guru Honorer di Indonesia Jangan Sampai SALAH, Untuk Pendaftaran 1 Juta Guru PPPK 2021 Hanya Dilakukan dengan Membuka DUA LINK INI

Sabtu, 26 Desember 2020

www.gurubisa.com - Akhir November 2020 lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim menegaskan bahwa pemerintah akan membuka kesempatan bagi para guru honorer di seluruh Indonesia untuk menjadi ASN. Program dimulai awal tahun 2021.


Ada 1 juta posisi guru ASN yang bisa diisi oleh para guru honorer. Nantinya mereka berstatus ASN yang tercatat sebagai PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).


Nadiem meyakini, seleksi PPPK 2021 bagi para guru honorer, adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan pelayanan terhadap peserta didik. Dengan naiknya status guru honorer sebagai PPPK, maka bisa meningkatkan kesejahteraan para guru honorer.


Seleksi PPPK adalah jawaban pemerintah agar kesejahteraan para guru honorer bisa setara dengan ASN. Seleksi PPPK adalah upaya pemerintah memberi kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer untuk membuktikan kompetensi mereka bahwa layak menjadi ASN.


Lalu, siapa saja yang bisa ikut seleksi PPPK 2021?


a. Guru honorer, termasuk guru-guru eks Tenaga Honorer Kelompok II

b. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar


Seleksi PPPK 2021 jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Beberapa perbedaannya ialah


- Seleksi PPPK 2021 digelar massal secara online


- Tahun sebelumnya, formasi PPPK terbatas dan ada kuota sehingga harus mengantri. Tahun 2021, tidak ada batasan. Artinya, semua guru honorer, eks THK II, dan ppg bisa mendaftar serta mengikuti tes seleksi


- Tahun sebelumnya, pendaftar hanya bisa ikut seleksi PPPK 1 kali setahun. Pada seleksi PPPK 2021, setiap peserta punya 3 kali kesempatan. Apabila gagal pertama, bisa mendaftar kembali di tahun yang sama atau di tahun berikutnya.


- Pada seleksi PPPK 2021, Kemendikbud menyiapkan materi pembelajaran secara daring untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi


- Pada seleksi PPPK 2021, seluruh biaya pendaftaran dan ujian ditanggung pemerintah pusat


- Pada seleksi PPPK 2021, mereka yang lolos akan diangkat menjadi PPPK dengan anggaran dari pemerintah pusat.


Karena semua biaya ditanggung pemerintah pusat, maka pemda harus mengajukan sebanyak mungkin formasi guru yang dibutuhkan. Formasi harus diajukan formasi paling lambat 31 Desember 2020.


Pendaftaran


Untuk mendukung program 1 juta guru PPPK itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menyiapkan portal untuk pendaftaran seleksi guru PPPK. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian pada BKN, Suharmen mengatakan, dalam seleksi 1 juta guru PPPK itu, BKN berperan mulai dari seleksi pendaftaran hingga penetapan Nomor Induk (NI) PPPK.


Untuk seleksi pendaftaran, BKN menyiapkan portal SSCASN-PPPK yang akan diintegrasikan dengan Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dapodik) dan Data Kependudukan (Dukcapil).


Lalu, bagaimana untuk mendaftar agar bisa mengikuti seleksi 1 juta guru PPPK? Ada dua cara yaitu


1. Langsung klik https://sscasn.bkn.go.id/. 

Ada beberapa menu dan otomatis bergeser menampilkan tentang rekrutmen ASN melalui CPNS. Ada tiga yaitu Dikdin (seleksi CPNS melalui pendidikan kedinasan), SSCN (Seleksi  CPNS nasional) dan SSP3K (Seleksi CPNS melalui PPPK).


Nah, bagi Anda para guru honorer yang ingin daftar 1 juta guru PPPK, klik yang "SSP3K". Selanjutnya, mengikuti arahan yang telah disiapkan di laman tersebut.


2. Klik portal https://www.bkn.go.id. Lalu, lihat di kolom kiri ada "Produk kami". Klik, lalu sorot ke bawah dan cari icon "BKN RI SSCASN" seperti di bawah ini. Klik dan selanjutnya Anda tinggal mengikuti arahannya.

Setelah diklik, maka nanti akan kembali muncul tiga pilihan seleksi CPNS yaitu "Dikdin", "SSCN", dan "SSP3K". Untuk mendaftar seleksi 1 juta guru, maka klik yang "SSP3K". Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti arahan yang ada.


Selamat mencoba. 


Artikel ini sudah tayang di www.gurubisa.com dengan judul Buat Seluruh Guru Honorer di Indonesia Jangan Sampai SALAH, Untuk Pendaftaran 1 Juta Guru PPPK 2021 Hanya Dilakukan dengan Membuka DUA LINK INI